Selasa, 01 Januari 2013

Ini Salah Siapa ?


seorang anak tertunduk lesu di depan toko buku ternama kota ini,
kota yang katanya penuh dengan wisata kuliner,
kota yang katanya sejuk,
kota yang katanya punya sejuta F.O,
kota yang tidak pernah habis termakan zaman,
kota sejuta hiburan,

setahun di kota ini,
pandanganku berubah,
setahun lalu, aku pikir kota ini seperti kota impian yang aku dambakan,
dan jujur aku merantau ke kota ini, untuk mengganti suasana,
tapi ternyata salah besar,
tak seindah yang kubayangkan,
bahkan lebih buruk dari yang aku bayangkan,

seorang anak tertunduk lesu di depan toko buku ternama,
dengan jilbab yang ia kenakan, ia tutpi wajahnya,
entah, ia sangat lelah ataukah ia malu dengan pekerjaannya?

suara hiruk pikuk,
mobil-mobil berlalu lalang,
bahkan bus-bus memarkirkan kendaraannya,
seketika itu pula,
sekelompok ibu-bapak yang sudah tua,
berpakain lusuh,
salah seorang diantarannya mengalami kecacatan tubuh,
tangannya mengadah belas kasihan orang lain,
entah, apakah tidak ada pekerjaan yang bisa ia kerjakan lagi? ataukah mereka memandang pekerjaan ini lebih menguntungkan?

di persimpangan lampu merah,
tangan-tangan kecil memainkan alat musiknya, gitar atau kecekran,
masih di tempat yang sama,
sekelompok anak yang berpakaian "berandal" dengan membawa lem yang ada ditangannya,
setiap menit bahkan detik,
lem itu ia hirup dalam-dalam,
entah apakah itu cara mereka menghilangkan beban mereka? atau karen lingkungan mereka yang mendukung?

yang pasti, hampir setahun di kota ini,
tak ada bedanya dengan di kota-kota lainnya,
banyak pelajaran yang telah saya dapatkan,
saya tidak dapat berharap banyak,
yang paling saya harapkan dari kota ini,
semoga 2013, kota ini menjadi kota bebas anak jalanan,
kota dengan biaya pendidikan gratis bagi anak jalanan,pengemis,atau yang kurang mampu,
yaaa, saya hanya mahasiswa yang belum mampu berkontribusi banyak...


Bagaimana dengan keadaan di kota perantauan mu kawan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar