Senin, 31 Desember 2012

ITB dalam SNMPTN 2013, SMBPTN,Ujian Mandiri dan Beasiswa


Bismillah,
sebenernya ini adalah notulensi saya saat mengikuti kumpul AMI (Aku Masuk ITB) hehehehhe,
ingin berbagi info sedikit, khususnya ITB dalam SNMPTN 2013,SMBPTN,Ujian Mandiri
Untuk tahun 2013, Jalur masuk PTN terbagi menjadi SNMPTN,SMBPTN, dan Ujian mandiri.

Jadi sebernanya makna kata SNMPTN disini seperti jalur undangan nya lah melalui jalur PPA ( Penjaringan Prestasi Akademik),
kenapa namanya SNMPTN ? karena biaya pendaftaran disini GRATIS dan juga mencakup wilayah nasiona l (seluruh SMA),
perbandingan SNMPTN masih sama dengan tahun lalu, 60% (20% nya bagi mahasiswa yang tidak mampu secara finansial). Tidak ada batasan untuk akreditasi sekolah,semua sekolah dengan berbagai akreditasi bisa mendaftarkan seluruh siswanya ke PTN yang diinginkan. nantinya sekolah yang akan mengurusi tentang keakreditasiannya ke pihak panitia SNMPTN.
Untuk yang memilih bidang seni dan olahraga, nantinya harus meng-upload bakat yang dimiliki.
contoh, seni tari, maka siswa tsb harus mengupload video tari tsb.
Nilai UAN masih dipertimbangkan apakah layak atau tidak sebagai kriteria penilaian.
Aspek penting disini adalah KEJUJURAN. Kejujuran dalam menginput data,nilai,dll. Sanksi sama seperti tahun2 sebelumnya, jika ada siswa dari suatu sekolah yang melakukan kecurangan ini akan berdampak ke sekolahnya juga.

Lanjut yaa ke SMBPTN (Seleksi Masuk Bersama PTN)
sebernya ini sama dengan ujian tulisnya, untuk mekanisme dll blm bisa diinfokan karena memang belum ada info lagi tentang SMBPTN. Tetapi katanya tidak jauh berbeda dengan ujian tulis tahun lalu. Kita tunggu saja mekanisme selanjutnya.

Ujian Mandiri
Bisa dikatakan ini hak prerogatif tiap PTN. Untuk ITB tidak melaksanakan ujian mandiri.

ABOUT ITB
Untuk tahun ini ITB membuka 3 prodi baru lagi yaitu Teknik & pengelolaan Sumber Daya Air, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, dan Kewirausahaan.
Jadi sudah ada 5 prodi baru ditambah dengan Rekayasa pertanian dan kehutanan. Untuk prodi baru, masa TPB akan tetap berada di Bandung, namun sesuai perjanjian untuk tahun kedua sudah ditempatkan di Jatinangor. Hal ini berlaku baik untuk S1 maupun S2.

Tahun ini tidak ada beasiswa peminatan(maksudnya tidak ada beasiswa untuk BPPM nya), tidak seperti tahun 2011.
Prodi yang bisa dipilih langsung bedasarkan minat adalah :
- Astronomi
- Rekayasa Pertanian & Kehutanan
- Meteorologi
- Oseanografi
- Teknik Pengelolaan Sumber Daya Air
- Kewirausahaan

Persaingan untuk masuk ITB tiap fakultas juga berbeda-beda. Menurut kepala sub Penjaringan Mahasiswa, ini dia kriteria Fakultasnya
SANGAT TINGGI
FTI,FTTM,STEI

LEBIH TINGGI
FITB.FTMD,FTSL,SAPPK,SF

TINGGI
FMIPA,FSRD,SITH,SBM

Persyaratan Fakultas dan Sekolah Tidak ada yang berbeda untuk persyaratan tiap-tiap fakultas pada 2013. Semua fakultas dan sekolah di ITB dapat dimasuki oleh bidang IPA. Siswa dengan bidang IPS dapat memilih FSRD dan SBM sedangkan bidang Bahasa dapat memilih FSRD. Untuk persyaratan buta warna pun demikian. Fakultas FITB, FSRD, FTTM, SF, dan SITH tidak dapat dimasuki siswa yang buta warna parsial dan total. Syarat buta warna yang sama diberlakukan untuk jurusan Kmia, Teknik Kimia, dan Teknik Lingkungan pada tahap penjurusan TPB.



Biaya Pendidikan Biaya pendidikan di ITB Mencapai 27 juta rupiah per tahun untuk setiap mahasiswa berdasarkan survey dari DIKTI. Rincian biaya tersebut terbagi kedalam BPPM dan BPPS. BPPM (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan di Muka) dibayarkan sekali saja saat registrasi. Untuk tahun 2012, besar biaya ini adalah 55 juta rupiah dan 80 juta rupiah untuk SBM. Besar dari BPPM ini berpotensi turun pada 2013. Jika ingin mengajukan penangguhan, pendaftar dapat memilih untuk hanya membayar 0%, 20%, 40%, 60%, 80%, atau 100% dari BPPM. Subsidi tersebut diberikan berdasarkan penghasilan orang tua. Untuk BPPS (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Semester) pada tahun 2012, besarnya adalah 5 juta rupia per semester. Untuk SBM, biaya ni mencapai Rp 750.000 per SKS. Selain BPPM dan BPPS, ada juga biaya program matrikulasi sebesar Rp 1.200.000 untuk jalur undangan dan Rp 750.000 untuk jalur SNMPTN tulis. Informasi nominal tersebut bersumber dari penerimaan mahasiswa baru tahun 2012.


Rektorat ITB nantinya juga sudah tdk di bandung lagi melainkan di Jatinangor, hehehehehe
Setiap perguruan tinggi mempunyai cara masing2 dalam menyeleksi calon mahasiswa menjadi mahasiswa di PTNnya.
Tetapi yang pasti profil sekolah,profil siswa yang mendaftar tersebut akan menjadi bahan pertimbangan banget.
Untuk masalah pembobotan nilai tiap daerah juga tidak akan sama.
contohnya, nilai 8 di jakarta pasti berbeda dengan nilai 8 di daerah pelosok.

ABOUT BEASISWA
Untuk beasiswa yang bisa didapatkan di ITB sangat banyak sekali mulain dari pemerintah, perusahaan, donatur, bahkan alumni.
jadi jangan takut untuk masalah finansial.
beasiswa yang bisa didaftarkan saat jalur SNMPTN untuk ke ITB ada Beasiswa Bidik Misi dan keringanan  BPPM
Info untuk tahun ini, tidak ada beasiswa BIUS.
Penerima Bidik Misi tahun 2010 sekitar 400 orang
Penerima Bidik Misi tahun 2011 sekitar 700 orang
Penerima Bidik Misi tahun 2012 sekitar 800 orang
Angka yang tidak sedikit kan? Jadi jangan ngerasa takut lagi dengan biaya masuk di ITB.
Biaya Bidik Misi bisa dikatakan paling tinggi dibandingkan dengan PTN lain,
biaya hidup mendapatkan uang sebesar 950rb/bln

INFO by KEPALA SUB PENJARINGAN MAHASIWA dan LEMBAGA KEMAHASISWAAN ITB

3 komentar:

  1. Mau nanya dong, kok BIUS (Beasiswa ITB untuk semua) udah dipisah-pisah ya? jadinya gimana dong kalo mau nyari info tentang beasiswa selain bidik misi?

    BalasHapus
  2. Berdasarkan informasi yang saya dapat. Beasiswa BIUS telah digabung dengan Bidikmisi. Jadi tidak ada lagi pendaftaran berupa BIUS. Bidikmisi bisa diakses di websitenya, dan perlu didaftarkan atau direkomendasikan oleh Sekolah. Jangan kuatir jika Anda tidak direkomendasikan sekolah. Tahun ini, tidak ada lagi BPPM yang besarnya 55juta. Jadi, Anda bisa masuk tanpa biaya sama sekali. Setelah Anda masuk, tak perlu kuatir beasiswa sangat banyak. Bidikmisipun kuotanya masih lebih. Sebagai bahan, tahun 2012, penerima bidikmisi tahap 1 hanya 400 mahasiswa. Jadi, ITB harus mencari mahasiswa yang kurang mampu lagi untuk mendapatkan sisanya. Mahasiswa tak akan di DO ITB karena biaya.

    FYI kalopun Saudara tidak mendapat beasiswa bidikmisi tenang di ITB masih banyak beasiswa. DPada tahun 2012 saja. Tercatat sekitar 7000 tawaran beasiswa. Padahal tiap tahun ITB hanya menerima 3000an mahasiswa. Terima Kasih

    BalasHapus
  3. saya mau bertanya mas Daus untuk jalur snmptn rata2 nilai rapor harus brpa ya??, sebenarnya kemaren di sekolah saya datang alumni dari ITB. Beliau juga menjelaskan masalah biaya yang GRATIS tersebut dan nilai rapor yang di perhitungkan adalah smester 4,5 dan 6.
    Min. untuk masuk ITB nilai rapor harus brpa ya?? untuk nilai rata2 smester 4 saya skitar 89.5 dan untuk 5 dan 6 bismillah semoga lbih baik :)
    apakah nilai rata2 >80 cukup??

    Terima kasih

    BalasHapus